Jumat, 09 September 2011

Segmentasi, Targeting dan Positioning ( STP )

Segmentasi
Swastha & Handoko (1987) yang merumuskan segmentasi pasar adalah suatu tindakan membagi pasar menjadi segmen–segmen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan marketing mix.Cara pandang dalam membagi atau memetakan pasar berdasarkan:
- Demografis : Usia, jenis kelamin,pendapatan,pendidikan,pekerjaan,geografis.
- Psikografis  : Gaya hidup,kepribadian,kelas ekonomi.
- Prilaku          : Tingkah laku,perasaan.

Segmentasi yang sering di lakukan yaitu berdasarkan kelas ekonomi (psikografis).
contoh : lapisan pasar di bedakan menjadi dua, menengah kebawah dan menengah ke atas.misal warteg (warung tegal) di segmenkan kepada kelas menengah kebawah sedangkan restoran solaria di segmenkan untuk kelas menengah keatas.di sini suatu perusahaan bisa memilih ingin memilih lapisan menengah kebawah atau menengah keatas dalam memilih konsumennya.Sehingga dari segmentasi tersebut kegiatan pemasaran akan lebih terarah,efektif, dan efisien. (http://rajapresentasi.com/2009/08/segmentasi-targeting-dan-positioning-dalam-manajemen-pemasaran/)


Targeting
Setelah segmentasi atas produk telah ditetapkan, langkah berikutnya adalah melakukan targeting atau membidik target market yang telah kita pilih dalam analisa segmentasi pasar.misal perusahaan tersebut memilih untuk membuka restoran menengah ke atas seperti solaria. tentu saja tempat yang di pilih untuk menjalankan usaha tersebut adalah mal kelas atas seperti mal artha gading. bukan mal kelas bawah seperti plaza jatinegara.Hal tersebut dilakukan agar kegiatan promosi pemasaran yang dilakukan pas dan tepat sasaran dengan segmen pasar yang ditujunya.
(http://rajapresentasi.com/2009/08/segmentasi-targeting-dan-positioning-dalam-manajemen-pemasaran/)


Positioning
Bertujuan menciptakan branding image,yaitu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan,keuntungan,manfaat yang membuat konsumen selalu ingat dengan suatu produk (fanggidae).
Keberhasilan komunikasi pemasaran suatu produk seringkali banyak di tentukan oleh ketepatan dalam perumusan strategi positioning nya. Karena dari sudut pandang konsumen eksistensi suatu produk cenderung lebih banyak di tentukan oleh citra atau persepsi yang ada di benak pkiran mereka tentang nilai-nilai kegunaan atau kelebihan dari priduk tersebut.


Tugas positioning teridiri dari 3 langkah:
1. Mengidentifikasi suatu perangkat keunggulan bersaing yang mungkin di buat di mana positioningnya akan di bangun 
2. Memilih keunggulan bersaing yang tepat
3. Dengan efektif mengkomunikasikan dan menyampaikan posisi dan di pilih ke pasar.
Positioning yang pas ini menjadi sangat penting, sebab dengan begitu mereka bisa meraih simpati dalam benak pelanggan. Dan selanjutnya hal ini bisa mendorong mereka untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan. (Berlian Ardha, SE M.Si, modul perencanaan merek 3)









1 komentar:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus