Kamis, 25 Agustus 2011

IMC ( Integrated Marketing Communication )

IMC ( Ingrated Marketing Communication ) proses penyampaian pesan yang digunakan untuk membina hubungan yang menguntungkan dengan customer, dengan cara memadukan dan mengkoordinasikan semua elemen komunikasi pemasaran untuk menyampaikan pesannya secara jelas, konsisten dan berpengaruh kuat tentang organisasi dan produk -produknya (promosi produk perusahaan tersebut).

ELEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN
Ada empat elemen dasar dalam komunikasi pemasaran yaitu Advertising, Public Relations, Sales Promotion, dan Personal Selling.
1.      Advertising
Advertising atau iklan adalah segala bentuk penyampaian pesan secara komersil. Ada beberapa bentuk dari iklan yaitu:
a.       Ambient advertising
Pesan – pesan yang dipasang dalam bentuk – bentuk tertentu dalam lingkungan kehidupan masyarakat.
Contoh: pesan iklan dalam tiket bis, nota pembayaran, dsb.
b.      Press advertising
Pesan iklan yang tampil pada media cetak.
c.       TV advertising
Pesan iklan yang tampil pada sela – sela jeda program siaran televisi.
d.      Radio advertising
Pesan iklan yang tampil pada sela – sela jeda program siaran radio.
e.       Outdoor advertising
Pesan iklan di ruang terbuka seperti billboard, halte bis, dsb.
f.       Transport advertising (inside and outside)
Pesan iklan pada alat dan sarana transportasi umum baik di dalam ruang maupun diluar transportasi umum.
Contoh: iklan pada badan bis dan iklan di dalam ruang bis.
2.      Public Relations
Public relations atau yang dikenal dengan istilah hubungan masyarakat (humas) adalah bentuk usaha atau aktivitas yang berkelanjutan dan terencana dengan tujuan untuk membangun dan mempertahankan niat baik dan pemahaman yang saling menguntungkan antara pihak perusahan dengan masyarakat.
Fungsi kehumasan digunakan melalui press release yaitu pembeberan cerita atau informasi yang berkaitan dengan aktivitas, prestasi, dan hal – hal lain dari perusahaan. Aktivitas ini bermanfaat di dalam membangun, mengembangkan, dan mempertahankan corporate identity (identitas perusahaan).
3.      Sales Promotion
Sales promotion atau promosi penjualan adalah segala macam aktivitas yang didesain untuk meningkatkan penjualan jangka pendek melalui program – program promosi penjualan seperti pemberian diskon, sampel produk, dsb.
Aktivitas tersebut dapat dilakukan melalui penyelenggaraan suatu event atau pameran (exhibition) ataupun melalui penawaran telepon (telemarketing dan sales call) dengan sumber data dari database (database marketing).
4.      Personal Selling (Direct Marketing)
Personal selling atau penjualan personal dan penjualan langsung adalah aktivitas penjualan produk dengan cara tatap muka, melalui telemarketing, ataupun internet kepada target konsumen spesifik atau tertentu.

Konsep dasar dari IMC adalah komunikasi. Dengan komunikasi ini, IMC berusaha untuk memaksimalkan pesan positif dan meminimalkan pesan negatif dari suatu brand, dengan sasaran menciptakan dan menyokong brand . Untuk membangun hubungan jangka panjang, IMC juga digunakan untuk membangun dan memperkuat brand. Brand yang positif juga akan menghasilkan keuntungan dan meningkatkan nilai dari perusahaan tersebut.

Contoh perusahaan yang menggunakan IMC 

Pocari Sweat
Siapa yang tidak kenal dengan pocari sweat, minuman kesehatan paling populer di Jepang yang di produksi oleh perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Selain di Jepang, minuman dengan kemasan berwarna dasar biru ini juga dipasarkan di daerah Asia Timur lainnya, Asia Tenggara dan Timur tengah.

Advertising
 Nama Pocari Sweat sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Iklan Pocari Sweat sering kita temui di televisi dengan slogan khasnya “Minuman pengganti ion tubuh“. Di akhir iklan disisipi slogan untuk penyemangat Pocarian (sebutan untuk pecinta Pocari Sweat -Ros) yang berbunyi “Go Ion !!“.

Sales Promotion
Pada awal launching pendiri pocari sweat membagikan gratis (sample) dimulai secara besar-besaran diseluruh Jepang. Terutama tempat-tempat olahraga, fitnes dan sejenisnya. Pembagian tanpa batas mencapai 30juta kaleng atau setara dengan 400 milyar rupiah.
Namun tahun 1981, tahun kedua penjualan seiring datangnya musim panas Pocari Sweat laris sangat dratis. Penjualan pun meningkat hampir 3x lipat menjadi 2,6 trilliun rupiah yang sebelum nya hanya 600 milliar rupiah. Pocari Sweat pun berjaya. Jadi intinya pocari sweat mempromosikan produknya dengan memberikan sample gratis kepada konsumen untuk memperkenalkan produknya.

personal seller 
Pocari sweat membuat event-event olahraga salah satunya Pocari Sweat Futsal Championship 2011, dalam acara ini terdapat stand-stand yang di jaga oleh SPG dan SPB untuk mempromosikan dengan cara menawarkan langsung produknya (pocari sweat) kepada konsumen. tidak hanya menjual, di stand tersebut juga ada program tanya jawab mengenai produk (pocari sweat) secara langsung.

Internet marketing
Pocari sweat mempunyai website resmi yaitu www.pocarisweat.co.id (indonesia). Di dalam website tersebut terdapat berbagai informasi yang lengkap, mulai dari profile perusahaan,sejarah perusahaan,produk,event acara,kuis,konsultasi tentang produk,contack us,dan masih banyak lagi. sehingga dengan adanya website ini konsumen bisa lebih dekat dengan perusahaan tersebut.

Dapat kita lihat sendiri bahwa IMC itu sangat penting bagi perusahaan-perusahaan dalam memperkenalkan perusahaannya atau memasarkan produknya .Dengan strategi-strategi tersebut, pocari sweat dapat mempromosikan produknya dengan cara menggunakan elemen-elemen komunikasi yang saling berkaitan dan berkesinambungan.


sumber:
http://ladela93.blogspot.com
http://wsmulyana.wordpress.com/2008/12/16/69/
www.pocarisweat.co.id

 





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar